10 Macam Bisnis Rumahan dengan Modal Kecil & Untung Besar

Sekarang ini memiliki bisnis sendiri di rumah bukanlah menjadi hal yang sulit diwujudkan. Banyak sekali ide bisnis rumahan yang bisa Anda coba. Jangan khawatir masalah modal, karena beberapa bisnis rumahan tidak memerlukan modal yang besar. Berbeda dengan bisnis yang membutuhkan sewa tempat yang biasanya membutuhkan modal cukup besar untuk biaya sewa.

Online Shop

Bisnis rumahan cocok dilakukan oleh ibu rumah tangga, atau usaha sampingan yang bisa menambah pemasukan keuangan keluarga. Tidak menutup kemungkinan juga bisa dijalankan berdua, suami dan istri. Di bawah ini akan dibahas beberapa macam bisnis rumahan yang lagi tren saat ini:

Online Shop (Dropship)
Ini merupakan peluang bisnis rumahan yang paling mudah dan tidak terlalu berat dikerjakan. Untuk menjalankan bisnis ini, Anda hanya memerlukan smartphone dan melakukan promosi kepada saudara, teman, ataupun tetangga sekitar. Jika ada pesanan barang, Anda hanya perlu menghubungi supplier barang dan mereka akan mengirimkan barang tersebut langsung ke pelanggan Anda dengan menggunakan nama usaha Anda. Jangan pernah sepelekan bisnis ini, walaupun simpel tetapi hasilnya menggiurkan.

Les Pelajaran Sekolah
Dengan adanya batas standar kelulusan untuk setiap jenjang pendidikan dari pemerintah, membuat para orang tua berlomba-lomba untuk memasukkan anaknya ke beberapa bimbingan belajar terkenal. Tetapi biasanya untuk biaya bimbingan belajar di beberapa tempat tersebut terbilang mahal. Jika Anda mempunyai kemampuan untuk mengajar, Anda bisa membuka bimbingan belajar rumahan dengan biaya yang lebih murah. Anda cukup menyiapkan ruang kosong di rumah ditambah dengan meja dan beberapa perlengkapan alat tulis untuk proses bimbingan belajar.

Catering
Bagi yang hobi memasak, Anda bisa mencoba untuk membuka catering rumahan. Anda bisa melakukan promosi saat acara keluarga, arisan, atau dari mulut ke mulut agar lebih dikenal oleh warga sekitar. Yang terpenting dalam memulai usaha ini adalah rasa masakan yang tidak kalah dengan catering lain dan harganya bisa lebih murah.

Kedai Sarapan Pagi
Usaha warung sarapan pagi juga salah satu usaha kecil yang menguntungkan, bagaimana tidak, Anda hanya cukup berjualan di pagi hari saja sudah bisa mendapatkan keuntungan yang cukup besar. Apalagi jika lokasi rumah Anda berada di kawasan pekerja atau mahasiswa yang kebanyakan dari mereka tidak sempat untuk menyiapkan atau sarapan di rumah. Agar pelanggan tidak bosan, Anda harus memiliki variasi menu yang banyak dengan rasa yang enak. Menu sarapan pagi yang laku biasanya nasi sayur, nasi kuning, soto, lontong sayur dan lain-lain.

Aneka Pembayaran Online
Bisnis agen pembayaran online kini sedang tren dan banyak diminati pengusaha kecil atau pengusaha rumahan. Anda cukup menyiapkan laptop atau komputer yang terkoneksi dengan Internet untuk menjalankan usaha ini.  Bisnis ini masih memiliki peluang yang terbuka lebar, Anda hanya perlu mendaftar untuk menjadi agen pembayaran online dan pelanggan Anda akan datang dengan sendirinya. Karena banyak orang yang tidak sempat untuk membayar tagihan listrik, PDAM, telepon, Internet, TV kabel, angsuran kredit, dan jenis pembayaran lainnya.

Counter Pulsa dan Paket Data
Kebutuhan pulsa dan paket data sekarang ini sudah bisa dikatakan menjadi kebutuhan wajib bagi setiap orang. Bahkan ada beberapa orang yang memiliki smartphone lebih dari 1, pastinya semua itu membutuhkan pulsa dan paket data agar bisa berkomunikasi dan mengakses Internet. Untuk menjalankan usaha ini, Anda tidak diharuskan memiliki counter fisik. Anda hanya membutuhkan smartphone dan menuliskan ‘Jual Pulsa & Paket Data’ di rumah.

Laundry
Jasa laundry pakaian merupakan peluang yang cukup besar, terutama di daerah perkotaan atau dekat dengan kost-kostan. Kebanyakan dari mereka tidak sempat mencuci pakaian karena kesibukan kerja atau kuliah, sehingga lebih memilih laundry pakaian. Untuk usaha laundry rumahan ini memang harus keluar modal paling besar untuk beli mesin cuci dan setrikaan baju. Usahakan memberikan pelayanan yang bagus, tepat waktu, setrikaan rapi, dan cucian yang bersih.

Isi Ulang Air Minum
Di kota-kota besar untuk kebutuhan air minum lebih sulit didapatkan daripada di desa, karena air tanah sudah banyak tercemar sehingga tidak layak untuk dikonsumsi. Banyak masyarakat di kota lebih memilih untuk membeli air isi ulang. Selain bersih, harga air isi ulang juga lebih terjangkau jika dibandingkan dengan air galon bermerek. Untuk usaha pengisian air minum ini, Anda hanya memerlukan tempat di rumah Anda untuk meletakkan mesin pengisi dan drum air. Anda juga bisa memberikan layanan delivery bagi pelanggan Anda.

Jahit Pakaian
Kenapa harus usaha menjahit? Karena bisnis menjahit ini tidak akan hilang dimakan zaman. Banyak orang yang membutuhkannya, apalagi saat tahun ajaran baru atau mendekati idul fitri biasanya banyak sekali pesanan yang masuk. Untuk menjahit memang harus memiliki skill terlebih dahulu, tetapi jangan khawatir, Anda bisa mengikuti les menjahit. Setelah skill menjahit Anda miliki, cobalah juga belajar untuk mendesain baju sendiri, dengan begitu, Anda bisa menjual baju sendiri.

Toko Kelontong
Yang terakhir ini adalah membuka toko kelontong. Syaratnya rumah Anda harus memiliki lahan kosong yang langsung menghadap ke jalan, sehingga bisa terlihat oleh orang-orang yang lewat. Untuk produk yang dijual usahakan kebutuhan rumah tangga seperti kebutuhan mandi, mencuci, bahan sembako, dan juga jajanan anak. 

Walaupun usaha yang Anda lakukan adalah usaha berbasis rumahan, Anda juga harus memperhatikan pencatatan keuangan terutama pemasukan, pengeluaran, utang, dan modal. Karena jika sampai pencatatan keuangan Anda berantakan, maka usaha akan sulit berkembang atau kemungkinan terburuknya malah gulung tikar.

0 Response to "10 Macam Bisnis Rumahan dengan Modal Kecil & Untung Besar"

Post a Comment

IBX5B036AFD1D515